TpYiGpA7TUA7TUYpGfY0Tfd7BA==
Inggris Indonesia Jepang Arab China

Form

Comment

Cara Unhasing Password Pada Project PHP

Diposting oleh:Admin
Setiap programmer PHP pada suatu saat perlu menulis aplikasi yang mengandalkan login pengguna agar dapat berfungsi dengan baik. Nama pengguna dan kata sandi biasanya disimpan dalam database dan kemudian digunakan untuk otentikasi. Seperti yang kita ketahui, kata sandi tidak boleh disimpan dalam bentuk teks biasa di database.

Penting untuk mengetahui cara melakukan unhashing kata sandi dalam bahasa pemrograman apa pun, agar ketika mendapatkan aplikasi dari web ini atau web lain yang tidak diketahui passwordnya maka anda bisa lakukan cara seperti di bawah ini. sebelum lanjut ke tutorial kita akan membahas dulu apa mengenai funsgi dari hashing

Fngsi hashing mengambil string seperti mypassword123 dan mengubahnya menjadi versi string terenkripsi, yang dikenal sebagai hash . Misalnya, mypassword123 mungkin di-hash untuk menghasilkan rangkaian angka dan huruf yang tampak acak seperti 9c87baa223f464954940f859bcf2e233. Hashing adalah fungsi satu arah. Setelah Anda meng-hash sesuatu, Anda mendapatkan string dengan panjang tetap.

Nah tentunya jika kamlian cek tabel yang ada pada database sebuah project PHP maka akan tampil password dalam bentuk kode hashing misal : 9c87baa223f464954940f859bcf2e233 lalu bagaimana cara kita mengetahui password sebenarnya dari kode hashing tersebut? berikut saya kasih tau tips nya.

Hal terpenting yang harus kita ketahui sebelum melakukan unhasing adalah mengetahu jenis/ type format hashing yang digunakan oleh si developer. yaitu bisa kita dapatkan dengan dua cara:
  1. Bertanya pada developer mengenai jensi/type hashignya
  2. Kita cek sendiri

Jika kedua cara tersebut mustahil untuk dilakukan maka kita bisa gunakan cara alternative untuk merubah format yang di has menjadi bentuk text normal denagan menggunakan tools unhashing online yaitu : md5hashing.netmd5hashing adalah sebuath web tools keren yang saya sering gunakan juga untuk melakukan unhasing password project php. 

Penggunan Penggunaan web md5hashing dalam menguhashing password cukup mudah ko, anda tinggal pastekan saja kode password hashing dikolom Reverse hash decoder, kemudian jika tidak tau type nya silahkan klik saja Search All Types


Biarkan tools tersbut bekerja kita tinggal tunggu saja, jika memang valid maka akan muncul text password yang di hashing tadi. nah itulah tips mengenai Cara Unhasing Password Pada Project PHP, semoga artikel ini membantu anda semua. Terimagajih!

0Komentar